Notifikasi

8 Tips Aman Berlibur di Pantai Bersama Keluarga

Selama berlibur di pantai, ada beberapa hal ekstra yang harus di perhatikan agar bisa terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan. Untuk mengurangi resiko dari kecelakaan tersebut, berikut ini akan di sajikan 8 Tips aman berlibur di pantai bersama keluarga.
Informasimu.com - Pantai merupakan salah satu tempat tujuan wisata yang menyenangkan, baik itu berlibur bersama keluarga ataupun bersama teman-teman untuk menghilangkan kepenatan dari rutinitas kerja. Suasana berlibur yang di rasakan selama di pantai sungguh berbeda dari tempat wisata lainnya, di mulai dari hangatnya sinar matahari, embusan angin oleh deburan ombak dan sentuhan pasir yang dapat merefleksikan pikiran, serta dapat membawa suasana yang lebih ceria. Bersama keluarga, tempat wisata pantai merupakan pilihan yang cocok dalam rangka untuk tujuan berwisata.

Selain dari hal-hal yang menyenangkan. Selama berlibur di pantai, ada beberapa hal ekstra yang harus di perhatikan agar bisa terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan. Untuk mengurangi resiko dari kecelakaan tersebut, berikut ini akan di sajikan 8 Tips aman berlibur di pantai bersama keluarga.
Berlibur Di Pantai
Berikut ini tips liburan aman di pantai yang bisa menjadi panduan dasar selama berlibur di pantai.

1. Hindari Sinar Matahari Langsung

Pada jam tertentu, terpapar langsung dari sinar matahari khusus nya saat di pantai berdampak buruk terhadap kulit. Antara pukul 10.00 – 14.00 sangat di sarankan tidak berjemur di pantai atau terpapar langsung sinar matahari. Jikapun tetap ingin aman, gunakanlah beberapa pelindung diantaranya menggunakan payung ataupun dengan mendirikan tenda untuk berteduh. (Baca juga: Tempat Wisata di Kepulauan Seribu yang wajib di Kunjungi)

2. Gunakan Sunblock dan Topi selama di Pantai

Sunblock dan topi merupakan salah satu perlengkapan yang perlu di bawa dan di gunakan selama berlibur di pantai. Dimana perlengkapan ini sangat berguna untuk meminimalkan sinar matahari secara langsung pada kulit Anda.

3. Gunakan Kaos dengan Bahan Katun

Pakaianpun menjadi salah satu yang patut di pertimbangkan selama melakukan liburan di Pantai. Dianjurkan menggunakan kaos dengan bahan dasar yang terbuat dari katun, selain kaos itu nyaman saat di gunakan serta kaos yang dari bahan katun sangat mudah untuk menyerap keringat.

4. Periksa terlebih dahulu Kondisi Air

Ini merupakan salah satu dari 8 tips aman berlibur di Pantai bersama keluarga yang patut Anda pertimbangkan. Tempat wisata di Pantai biasanya memiliki pengawas atau penjaga pantai yang bisa Anda tanyakan untuk mengetahui kondisi air dan gelombang laut. Sebelum melakukan aktifitas selama di Pantai, baik itu untuk berenang alangkah baiknya Anda menanyakan terlebih dahulu kepada penjaga pantai soal kondisi pantai, apakah gelombangnya sedang pasang atau surut, berombak atau tenang. Serta tanyakan juga tentang binatang berbahaya yang ada di sekitar pantai, di antara nya ubur-ubur yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit. (Baca juga: Menikmati pesona Wisata Indonesia di Kota Tua Yogyakarta)

 5. Saat Berenang

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin berenang di Pantai. Biasanya ada beberapa rambu-rambu yang di pasang di tempat yang berkemungkinan berbahaya. Rambu-rambu ini biasa nya di tandai dengan berbentuk bendera. Diantara hal-hal berbahaya biasanya berupa karang atau tanaman laut yang bisa merobek kulit ataupun berupa dasar laut yang terdapat palung yang bisa berbahaya jika Anda berenang. Dan adapun rambu-rambu tersebut sebagai patokan pengawas pantai untuk memantau pengunjung selama berenang. Maka, jangan pernah Anda berenang melewati batas rambu-rambu tersebut.

6. Selalu awasi anak Anda selama di Pantai

Berikan pengawasan ekstra kepada anak Anda selama berlibur di Pantai. Laut bisa sangat menyenangkan bagi anak Anda dan juga bisa sangat berbahaya apabila tersapu ombak. Maka dari itu, pastikan anak Anda jangan sampai lepas dari penjagaan Anda.

7. Jangan Menyentuh Cagar Alam Pantai

Beberikan bimbingan kepada anak ataupun kepada anggota keluarga Anda selama liburan di Pantai. Jangan pernah menyentuh cagar alam Pantai baik itu tanaman maupun hewan laut, apalagi sampai merusak nya. Karena hal ini sangat penting untuk menjaga kelangsungan ekosistem Pantai.

8. Bawalah Air Mineral

Untuk menghindari dehidrasi selama berlibur di Pantai, bawalah air mineral secukup nya. Karena berlibur di Pantai merupakan lokasi yang panas dan memerlukan energi ekstra, baik selama berada di pantai ataupun saat berenang.

Itulah 8 tips aman berlibur di Pantai bersama keluarga yang bisa menjadi panduan Anda untuk memutuskan berlibur ke Tempat Wisata Pantai. Semoga tips ini bermamfaat dan semoga liburan Anda menyenangkan bersama keluarga. (Baca juga: Jelajah unik Pantai Pink di Tempat Wisata Lombok Timur)
Hotel & Travel Tips