Notifikasi

Wajib Tahu, Tips Memilih Smartphone Android Secara Cerdas

Bagi Anda yang berencana membeli martphone Android. Alangkah baik nya Anda harus cerdas dalam memilihnya. Pada pembahasan berikut ini, akan di uraikan bagaimana Tips memilih Smartphone Android secara cerdas.
Informasimu.com - Smartphone Android saat ini memang salah satu pangsa pasar gadget yang begitu populer di Dunia khusus nya di Tanah Air. Dengan begitu meningkatnya permintaan akan kebutuhan Smartphone yang bersistem operasi Android ini, membuat para produsen semakin gencar mengeluarkan produk terbaru dengan versi terbaru bahkan dengan fitur yang di usung jauh lebih bagus dari pengeluaran sebelumnya.  Selain itu, kegandrungan konsumen dengan Smartphone Android karena sistem operasi yang mudah di kostumasi atau bisa di utak-atik sesuai keinginan penggguna, baik dari segi tampilan atau bahkan sampai batas performa dari kemampuan smartphone itu sendiri. Dan karena itulah, smarphone dengan sistem android begitu populer di gunakan oleh kebanyakan orang.

Namun, dari banyak nya pengeluaran smartphone Android dari berbagai macam merk, baik yang sudah memiliki pangsa pasar tersendiri ataupun para produsen baru yang ingin ikut serta dalam momen peredaran smartphone yang berbasis Android. Dan dari sisi harga yang di tawarkan berbagai macam rupa, di mulai dari harga yang paling murah sampai harga paling mahal pun tersedia. Serta, dari kualitas pun terlihat tidak begitu banyak perbedaan dari merk yang satu dengan yang lainnya.
Smartphone Android
Maka daripada itu, bagi Anda yang ingin berencana bahwa smartphone Android adalah sebagai salah satu gadget yang akan Anda gunakan. Alangkah baik nya Anda harus cerdas dalam memilihnya. Pada pembahasan berikut ini, akan di uraikan bagaimana Tips memilih Smartphone Android secara cerdas.

Tips memilih Smartphone Android secara cerdas:

Ukuran layar

Ukuran layar harus menjadi pertimbangan dalam memilih Smartphone Android. Dimana ukuran layar mempengaruhi tampilan desktop saat berselancar internet baik itu menggunakan browser Mozilla, chrome, opera, safari ataupun internet explorer serta browser lainnya. Jadi, pastikan Smartphone Android mengusung dengan ukuran layar yang Anda inginkan.

Resolusi layar

Pastikan resolusi layar yang di usung tidak pas-pasan. Terkadang ukuran layar yang besar cenderung memiliki resolusi yang tidak sesuai, alias resolusi nya kecil. 480 x 320 pixel merupakan minimum resolusi layar yang di miliki sebuah Smartphone Android.

Sensitifitas layar

Pilihlah Smartphone Android yang sensitifitas layar sentuh yang cepat. Di mana dengan sensitifitas layar sentuh yang lambat akan membuat Anda merasa kesal saat menggunakan nya. Jadi, sensitifitas layar pada Smartphone Android perlu jadi pertimbangan.

Fitur touch screen

Pastikan Smartphone Android yang Anda pilih mengusung fitur touch screen, lebih tepatnya yang multitouch. Di mana, multitouch memiliki respon perintah yang lebih baik yaitu dapat merespon sentuhan dengan dua jari bahkan lebih agar memiliki keleluasaan dalam mengoperasikan Smartphone Android Anda.

 OS

Saat ini. OS yang paling banyak digunakan minimun Android 4.0 ICS (Ice Cream Sandwich). Namun, alangkah lebih baik nya menggunakan OS 4.1 Jellybean jika Anda memiliki budget yang lebih.

Processor

Kecepatan kinerja pada Android di pengaruhi oleh Processor yang di usung. Pastikan Android yang Anda pilih memiliki processor minimal 1Ghz agar kepuasan dalam menggunakan smartphone Android bisa Anda rasakan.

Jenis Processor

Jenis processor juga menjadi salah satu bahan pertimbangan, di mana Android yang kelas low end cenderung menggunakan processor mediatek. Dimana memiiliki kualitas dan kinerja yang baik. Namun, sangat boros dalam konsumsi tenaga. Ada juga yang menggunakan processor qualcomm, jauh lebih baik dari mediatek yaitu memiliki keunggulan lebih dari sisi graffik dan performa. Dan yang paling bagus adalah yang menggunakan processor nvidia tegra dan exynos, dimana memiliki kelebihan serta dalam hal konsumsi daya sangat irit.

RAM

Minimal RAM yang dimiliki minimal 512MB, serta bagi Anda yang hobi dengan Game di anjurkan RAM yang di usung minimal 1GB. Di mana RAM sangat berperan penting pada Smartphone Android yang akan Anda pilih, yaitu dapat berfungsi dalam menstabilkan kinerja smartphone Anda khususnya disaat menjalankan banyak program pada smartphone. (Baca juga: Inilah 4 tips ampuh cara menghemat baterai HP Android)

Memory internal

Kapasitas pada memory internal yang di miliki juga harus menjadi perhatian. Pastikan memory internal yang di miliki sesuai dengan kebutuhan Anda, dan pastikan jangan pilih Smartphone yang hanya memiliki memory internal yang seadanya.

Kamera

Kamera merupakan salah fitur yang di miliki dan di butuhkan bagi para pengguna Smartphone untuk saat ini. Meskipun kebanyakan setiap Smartphone sudah memiliki fitur yang satu ini. Tapi, pastikan kamera yang di usung memiliki resolusi yang baik dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Konektifitas

Konektifitas juga salah satu yang penting untuk saat ini dalam perangkat Smartphone, khususnya konektifitas internet. Maka, perangkat yang memiliki konektifitas juga harus di perhatikan.

Merk

Terkadang merk berbanding lurus dengan kualitas. Namun, tidak semua fitur dan spesifikasi yang Anda inginkan bisa Anda dapatkan. Smartphone yang kelas low end terkadang mengusung fitur yang tak kalah lebih bagus dan lengkap di bandingkan dengan produsen yang telah memiliki merk dan cenderung harga nya pun jauh lebih mahal.

Harga

Smartphone yang murah sekalipun terkadang tidak menentukan fitur dan spesifikasi yang di usung. Pastikan fitur dan spesifikasi sesuai dengan kebutuhan yang Anda harapkan. Terkadang Smartphone dengan harga mahal pun belum tentu mengusung fitur yang Anda inginkan.

Desain

Kenyaman dalam menggunakan sebuah Smartphone menjadi salah satu yang penting. Pastikan desain yang dimiliki memberikan kenyamanan saat Anda gunakan. Selain itu, pastikan warna yang di miliki sesuai dengan selera Anda. Terkadang desain dan warna yang tidak cocok, menyebabkan para pengguna menjadi bosan untuk menggunakan nya.

Demikianlah Tips memilih Smartphone Android secara cerdas yang bisa jadi pertimbangan Anda dalam mengambil keputusan saat membeli Smartphone. Dan selain itu, sesuaikan keinginan Anda dengan budget yang Anda miliki. Serta pastikan Smartphone yang akan Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan memberikan mamfaat untuk Anda, baik dalam segi kehidupan Anda sehari-hari ataupun bermamfaat untuk menunjang pekerjaan Anda. (Baca juga: 5 Tips ampuh memilih powerbank berkualitas untuk gadget)
Handphone Tekno & Gadget Tips