Notifikasi

Inilah Tips Mudik Lebaran yang Aman dan Nyaman

Inilah Tips Mudik Lebaran 2014 yang Aman dan Nyaman. Tips mudik pakai motor dan mobil di saat lebaran.
Tips Mudik - Tradisi mudik lebaran merupakan tradisi yang sudah menjadi kebiasaan untuk sebagian besar masyarakat Indonesia khususnya disaat lebaran. Selama perjalanan mudik yang pada umumnya menempuh perjalanan  yang jauh serta ditambah lagi dengan kemacetan, alangkah baiknya mempersiapkannya dengan penuh kematangan.

Baik itu dengan mempersiapkan kesehatan fisik, selain itu juga perlu memikirkan persiapan serta semua perlengkapan disaat melakukan mudik. Dimana dengan persiapan yang baik, maka selama perjalanan kekampung halaman akan menjadi lebih aman dan menyenangkan.
Tips Mudik Lebaran
Selain itu, dikarenakan jarak yang harus ditempuh selama perjalan sangat jauh adalah menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya kecelakaan. Mengantuk, lelah, serta stres yang disebabkan oleh macet membuat pengemudi kehilangan konsentrasi disaat mengendarai.

Berikut ini ada beberapa tips mudik lebaran agar lelah serta kantuk tidak membuat konsentrasi menjadi buyar saat mengemudi:

  1. Tidurlah yang cukup serta berkualitas. Sebelum mudik, alangkah baiknya seorang pengemudi untuk tidur, sekurang-kurangnya tujuh jam. Karena kantuk membuat konsentrasi jadi hilang dalam sekejap.
  2. Janganlah mengemudi lebih dari dua jam. Karena, berkonsentrasi yang terlalu lama disaat kondisi yang monoton akan membuat syaraf menjadi lelah. Alangkah baiknya berhenti serta beristirahatlah di tempat yang aman setiap dua atau tiga jam sekali.
  3. Kurangi karbohidrat. Karena dengan terlalu banyaknya mengkonsumsi karbohidrat menjadi salah satu penyebab rasa kantuk. Alangkah baiknya, mengganti makanan yang mengandung karbohidrat tersebut dengan makanan lainnya, seperti buah-buahan. Karena buah-buahan mengandung vitamin yang dapat menyegarkan badan.
  4. Minumlah kopi dan tidur. Berdasarkan sebuah penelitian di Inggris, bahwa kombinasi dengan meminum kopi serta dilanjutkan dengan tidur selama 15 menit bisa memperbaiki kemampuan serta tingkat kewaspadaan, dan juga dapat mengurangi kantuk. Metode ini dipercaya sangat ampuh, karena tidur selama 15 menit dapat membantu untuk menjernihkan otak dari kandungan adenosine. Selain itu, kafein membutuhkan sekitar 20 menit agar dapat mempengaruhi secara psikologis. Seakan memberikan dampak seperti sebuah tamparan untuk membangunkan orang dari tidur.
  5. Tips mudik lebaran yang kelima ini dengan melakukan olah raga ringan. Jika dalam perjalanan sudah mulai merasakan kelelahan serta kantuk. Alangkah baiknya berhentilah di tempat yang aman serta lakukanlah sedikit peregangan tubuh dengan melakukan olah raga ringan. Karena hal ini dapat berfungsi untuk melancarkan peredaran darah setelah berjam-jam duduk selama mengendarai.
  6. Lakukan pergantian disaat mengendarai. Jika memungkinkan, lakukanlah pergantian untuk mengemudi dengan orang lain setiap 2 atau 3 jam sekali.

Itulah kiat-kiat atau tips mudik lebaran nyaman yang bisa membantu bagi  para pemudik agar tetap bias berkonsentrasi serta merasakan kenyaman selama diperjalanan, dan semoga bisa sampai dengan selamat serta dapat berkumpul bersama keluarga besar di kampung halaman masing-masing.
Kesehatan Otomotif Tips