Notifikasi

Rambut Yang Beruban Apa Perlu Untuk Dicabut

Rambut Beruban - Usia tua sering selalu ditandai dengan rambut yang akan menjadi putih dan beruban. Namun pada kenyataannya yaitu, tidak hanya orang tua yang mempunyai rambut beruban melainkan yang masih muda dan juga anak-anak pun juga ada yang rambutnya sudah mulai beruban.
Rambut Beruban - Usia tua sering selalu ditandai dengan rambut yang akan menjadi putih dan beruban. Namun pada kenyataannya yaitu, tidak hanya orang tua yang mempunyai rambut beruban melainkan yang masih muda dan juga anak-anak pun juga ada yang rambutnya sudah mulai beruban. Lantas juga, apa penyebabnya dan perlu tidak untuk mencabutnya?
Rambut Yang Beruban Apa Perlu Untuk Dicabut
Tidak jarang, rambut yang beruban dianggap sangat mengganggu penampilan, sehingga seseorang terbiasa untuk mencabut paksa rambut uban. Padahal saja, mencabut rambut uban hanyalah suatu solusi sementara dan akan memiliki dampak buruk pada kesehatan, seperti yang dijelaskan oleh situs MeetDoctor.com. Baca juga: Rahasia Cara Ampuh Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami.

Menurut dermatologi dokter. Farmanina Santoso, rambun uban memang akan tumbuh seperti rambut biasa. “Timbulnya jenis rambut uban disebabkan beberapa faktor, seperti gaya hidup, keturunan, dan juga stres pikiran.” Rambut uban, lanjut Farmanina, tumbuh di bagian bawah kulit yang memiliki banyak saraf. Sedangkan akan sangat bahaya mencabut rambut uban adalah gangguan saraf.

Alhasilnya, bila Anda suka mencabut paksa rambut uban, maka sinyal saraf yang memproduksi pigmen rambut akan menjadi bermasalah. “Anda juga akan sering mengalami pusing serta kebotakan yang diakibatkan oleh folikel yang sudah rusak,” jelas Farmanina. Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Ketombe Secara Alami Tanpa Shampoo.

Sebetulnya lanjut, Anda tidak perlu gusar dan disarankan tidak melakukan aksi cabut rambut uban karena rambut uban juga akan mengalami proses perontokan. “Pertumbuhan rambut uban terbagi menjadi tiga fase, yakni fase pada pertumbuhan atau anage dan waktu tumbuh 2 sampai 6 tahun, fase kotagen (waktu tumbuh 3 sampai 6 minggu), dan fase telogen yaitu fase pada saat rambut kembali tumbuh, memanjang dan menjadi rontok. Ketiga fase tersebut berulang terjadi secara terus menerus selama masa hidup seseorang,” terang Farmanina.

Nah, maka sebaiknya Anda jangan keburu mencabut uban yang sering tumbuh. Karena, uban di kepala Anda akan menjadi rontok dengan sendirinya. Baca juga: Makanan Ini Dapat Membuat Rambut Anda Tumbuh Secara Alami.
Kesehatan