Notifikasi

Tips Puasa Sehat: Tips Diet Saat Puasa Agar Tubuh Tetap Sehat

Berikut ini beberapa kiat pola atau tips diet saat puasa agar tubuh tetap sehat. Tips ini dapat membantu Anda untuk mencegah tubuh bertambah gemuk di saat puasa serta sekaligus menjaga asupan gizi agar dapat mencegah penyusutan otot :
Tips Diet Saat Puasa - Sebagian orang malah bertambah gemuk di saat puasa di sebabkan oleh pola makan yang tidak benar. Untuk memiliki tubuh yang ideal dan massa ototnya yang tetap tebal juga harus dijaga dengan asupan nutrisi yang baik.

Di saat melakukan ibadah puasa pastinya kita tidak dapat lagi untuk menerapkan pola makan 5-6 kali dalam sehari yang berfungsi dalam menjaga metabolisme tubuh agar tetap tinggi serta memberi asupan gizi secara periodik agar pertumbuhan massa otot dalam menjadikan bentuk tubuh yang ideal.
Tips Puasa Sehat
Akan tetapi, dengan melakukan pola diet yang tepat, kita dapat mengakali kebutuhan tersebut.
Berikut ini beberapa kiat pola atau tips diet saat puasa agar tubuh tetap sehat. Tips ini dapat membantu Anda untuk mencegah tubuh bertambah gemuk di saat puasa serta sekaligus menjaga asupan gizi agar dapat mencegah penyusutan otot :

Hindari porsi makan besar saat berbuka

Tips diet puasa pertama yaitu hindari porsi makan besar saat berbuka. Pada saat berbuka puasa dianjurkan tidak langsung menyantap makanan dalam porsi besar. Sebaiknya makan dengan porsi besar adalah sesudah sholat Maghrib. Makan yang berlebihan di saat berbuka akan menyebabkan rasa tidak nyaman di lambung serta dapat mengganggu pencernaan.

Hindari langsung berbuka dengan makanan manis

Jangan makan dengan makanan manis yang mengandung Glycemic Index (GI) sangat tinggi pada saat buka puasa. Dengan mengkonsumsi makanan manis pada saat kondisi perut masih kosong dapat memicu respon insulin yang tinggi dan menyebabkan terjadinya reaksi penyimpanan makanan sebagai lemak tubuh.

Air putih, karbohidrat kompleks, dan multivitamin

Selalu awali berbuka puasa dengan meminum air putih. Kemudian baru konsumsi buah kurma bebas pemanis atau buah lainnya secukupnya. Setelah sholat maghrib baru makan dengan makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks (nasi beras merah, roti gandum utuh, kacang hijau, serta ubi), protein (dada ayam, tempe, daging, ikan, susu rendah lemak), serta sayur-sayuran. Selanjutnya sudahi dengan mengkonsumsi 1-2 butir suplemen multivitamin serta mineral agar ketahanan tubuh tetap meningkat .

Jangan minum minuman dingin dan bersoda

Jangan minum minuman dingin dan bersoda, atau minuman yang dicampur es pada saat berbuka puasa. Bahwa, es bisa menahan rasa lapar maka hidangan lain yang tentunya lebih bergizi serta sangat dibutuhkan tubuh dalam memulihkan stamina tidak sempat untuk disantap. Selain itu, minuman yang bersoda hanya bisa memberi rasa kenyang tanpa gizi serta keasamannya yang rendah dapat mengganggu pencernaan.

Makan lagi setelah olahraga

Setelah berolah raga (sesudah tarawih), coba konsumsi 2-3 sendok makan madu atau beberapa butir kurma yang bebas pemanis. Dan tambahkan suplemen protein jika diperlukan. Selama berolah raga, pastikan minum 500 ml-1 liter air. Makan lagi dengan menu yang sama seperti pada saat berbuka puasa namun porsinya agak kecil atau sedang saja. Apabila masih lapar, kacang kulit atau kacang sangrai bisa menjadi makanan camilan sehat yang bisa di kosumsi.

Sahur dengan makanan berserat dan tak berlemak

Pasa saat sahur, konsumsilah makanan yang memiliki kadar lemak rendah, tinggi karbohidrat kompleks (nasi beras merah, oatmeal, roti gandum, ubi, serta jagung), protein yang cukup (ayam, telur, atau ikan), serta makanan yang kaya serat serta lamban cerna (buah-buahan dan sayur-sayura) agar dapat menopang kebutuhan kalori pada saat melakukan puasa. Hindari makanan berlemak karena bisa menyebabkan rasa tidak nyaman selama melakukan puasa. Kemudian, akhiri dengan 1-2 butir suplemen multivitamin serta mineral. Apabila masih ada waktu dapat ngemil kacang sangrai atau kacang kulit.

Jangan pernah melewatkan sahur

Tips puasa sehat berikutnya jangan pernah melewatkan sahur. Lakukan aktivitas sahur menjelang imsak supaya makanan menjadi lebih lama dalam pencernaan, serta tidak merasa lapar yang berlebihan, dan tubuhpun tetap berenergi saat melakukan ibadah puasa.

Hindari langsung tidur sebelum imsak

Tips puasa sehat selanjutnya, hindari langsung tidur sebelum imsak. Sebaiknya jangan sahur terlalu awal dan setelah itu langsung tidur sebelum imsak karena dapat menyebabkan penimbunan lemak akibat dari kelebihan energi tetapi tanpa aktivitas fisik. Dan selain itu juga akan cepat merasa lapar kembali, menjadi tidak berenergi, serta cepat mengantuk di siang hari.

Hindari teh dan kopi saat sahur

Hindari minum kopi, teh, serta minuman yang bersifat diuretik pada saat sahur. Karena minum ini akan  membuat Anda sering buang air kecil. Susu rendah lemak bisa menjadi salah satu pilihan menu sehat untuk sahur Anda.

Kurangi garam, MSG, dan bumbu penyedap

Hindari mengkonsumsi makanan atau minuman dengan kadar garam, MSG, serta bumbu penyedap yang banyak karena akan mempercepat rasa haus.

Hindari makanan terlalu pedas

Selain itu, hindari juga makanan yang terlalu pedas atau yang mengandung bumbu yang merangsang karena bisa mengganggu pencernaan.

Atur komposisi nutrisi yang seimbang

Asupan nutrisi yang sangat dianjurkan adalah komposisi seimbang yaitu 50% karbohidrat kompleks, 40-45% protein, serta 5-10% lemak sehat di setiap porsi makan.

Bagi porsi kalori dengan tepat

Tips diet saat puasa yang terakhir yaitu membagi porsi kalori dengan tepat. Untuk pembagian porsi kalori makanan yang dianjurkan yaitu 10-15% saat berbuka, 30-35% saat makan malam, 10-15% sesudah selesai sholat tarawih, serta 30-35% saat sahur.

Itulah tips diet saat puasa agar tubuh Anda tetap sehat di saat melakukan ibadah puasa, khususnya puasa ramadhan. Semoga tips sehat puasa ini dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan Anda saat berpuasa. Selamat berpuasa dan tetap sehat!

Kesehatan Tips Tips Diet