Notifikasi

Yuk, Ketahui Lebih Dekat Apa Itu Hepatitis B

Hepatitis B merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus hepatitis B (HBV) yang dimana hati hominoidae yang terinfeksi, termasuk manusia, serta penyebab terjadinya peradangan. Penyakit peradangan yang terjadi pada hati atau hepatitis
Hepatitis B - Hepatitis B merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus hepatitis B (HBV) yang dimana hati hominoidae yang terinfeksi, termasuk manusia, serta penyebab terjadinya peradangan. Penyakit peradangan yang terjadi pada hati atau hepatitis, khususnya tipe hepatitis B dapat tertular kepada siapa saja. Maka, dari itu alangkah baiknya mengetahui apa itu hepatitis B sebelum tertular atau menderita hepatitis B. Berikut ini, akan di uraikan apa itu hepatitis B.
Hepatitis B

Apakah Hepatitis-B itu?

  1. Hepatitis merupakan penyakit hati yang disebabkan oleh adanya virus. Dan berdasarkan data yang dihimpun oleh WHO, ada sekitar 2 miliar penduduk didunia terinfeksi oleh virus hepatitis B serta 400 juta diantaranya hidup dengan infeksi yang kronis.
  2. Selain itu, setiap tahun ada 4 juta lebih terkena kasus hepatitis B akut serta 25% menjadi kanker kronis, dan 1 juta orang setiap tahunnya meninggal disebabkan oleh hepatitis kronis, sirosis, serta kanker hati.
  3. Hepatitis B menjadi penyebab 80% terkena kanker hati didunia ini, serta hepatitis B dikenal sebagai penyebab kedua terjadinya kanker setelah tembakau. 

Bagaimana hepatitis B dapat tertular? 

  1. Darah dan cairan pada tubuh manusia bisa menjadi salah satu objek penular untuk virus hepatitis B.
  2. Beberapa cara penularan yang umum terjadi di negara berkembang : 
  • Perinatal (dari ibu kepada bayinya pada saat melahirkan)
  • Infeksi di masa kanak-kanak akibat kontak dengan anggota keluarga yang menderita hepatitis B
  • Penggunaan jarum suntik yang tidak aman
  • Transfusi darah
  • Kontak seksual 
Sedangkan, di negara maju, hubungan seksual serta pemakaian narkoba suntik menjadi salah satu penyebab menularnya hepatitis B, khususnya terjadi pada masa dewasa muda.

Bagaimana adanya gejala-gejala hepatitis B?

Infeksi akut yang disebabkan oleh virus hepatitis B ditandai dengan gejala yang berlangsung beberapa minggu, kulit serta mata biasanya akan terlihat kuning, air seni berwarna gelap, sering merasa kelelahan, sering mengalami muntah dan mual-mual, dan sakit perut. Untuk proses penyembuhan biasanya berlangsung beberapa bulan hingga setahun serta bisa menjadi infeksi kronis dan berkembang menjadi sirosis atau terjadinya kanker hati.

Apa risikonya bagi penderita hepatitis B?


  1. Bagi penderita hepatitis B akan menjadi kronis tergantung dari usia terinfeksi. Biasanya 90% bayi yang sudah terinfeksi pada tahun pertama akan berkembang menjadi infeksi kronis. Dan 30-50% anak yang sudah terinfeksi disaat usia 1-4 tahun akan menjadi kronis.
  2. Sekitar 25% penderita dewasa hepatitis B kronis yang sudah terinfeksi disaat masa kanak-kanan akan meninggal akibat kanker hati atau sirosis.

Hepatitis B berisiko tertular pada siapa saja?



  1. Orang dengan perilaku seksual berisiko tinggi
  2. Berhubungan atau melakukan kontak erat dengan anggota keluarga yang menderita hepatitis B
  3. Para pengguna obat-obatan narkoba suntik
  4. Pasien yang menerima transfusi darah
  5. Risiko pekerjaan yang langsung berhubungan dengan penderita penyakit hepatitis B, termasuk petugas kesehatan
  6. Turis yang sedang bepergian ke daerah endemis hepatitis B

Bagaimana mencegah hepatitis B?

Vaksinasi merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah infeksi hepatitis B. Dalam hal ini, pemerintah sudah memasukkan vaksinasi hepatitis B kedalam salah satu program imunisasi dasar untuk bayi berusia 0 – 11 bulan.

Mengapa pada waktu lahir vaksinasi hepatitis B harus diberikan?


  1. Penularan hepatitis B disaat bayi lahir sebenarnya dapat diatasi dengan pemeriksaan rutin HBsAg pada ibu hamil serta pemberian imunisasi pencegahan pada bayi lahir yang terpapar. Jika tidak ditemukan status HBsAg pada ibunya, vaksinasi hepatitis B direkomendasikan untuk bayi segera disaat setelah lahir serta sebelum pulang dari rumah sakit. Karena hal ini merupakan jaring pengaman, agar dapat mencegah terjadinya penularan infeksi virus hepatitis B dari ibu yang belum diperiksa.
  2. Saat ini tidak ada pengobatan spesifik bagi penderita hepatitis B akut.
  3. Hepatitis B kronis dapat diterapi dengan obat, tetapi biayanya yang dibutuhkan  mencapai ribuan dollar per tahun serta dinegara berkembang kebanyakan pasien tidak terjangkau dengan mahalnya biaya pengobatan.

Kapan jadwal vaksinasi hepatitis B sebaiknya diberikan?

0 – 1 – 6 bulan kelahiran. Vaksinasi primer terhadap infeksi virus hepatitis B terdiri dari 3 dosis, yang dimulai pada saat lahir. Dan dosis vaksinasi kedua diberikan 1 bulan sesudah dosis pertama serta dosis ketiga
diberikan 6 bulan sesudah dosis pertama.

Itulah ulasan mengenai apa itu hepatitis B. Semoga yang telah dibahas ini dapat memberikan pemahaman untuk Anda. Yuk, baca juga resep obat alami untuk menyembuhkan sakit liver disni.
Kesehatan