Notifikasi

Bagi Penderita Diabetes: Ini Tips Saat menjalankan Ibadah Puasa

Bagi para pebderita diabetes sangat dianjurkan menjaga makanannya atau kesehatannya. Khususnya penderita diabetes melitus yang ada diindonesia.
Tips Penderita Diabetes - Menjalankan Ibadah Puasa khusus nya di Bulan Ramadhan adalah Ibadah Wajib bagi umat muslim. Tapi, bagaimana dengan Anda penderita diabetes. Pada artikel sebelumnya, sudah pernah di bahas, bahwa makan mie instan + nasi dapat menaikkan resiko diabetes. Silahkan baca artikel nya disini. Tapi pada artikel berikut ini ada beberapa tips bagi penderita diabetes dalam menjalankan Ibadah Puasa.
Makanan Penderita Diabetes

  1. Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, usahakan jangan terlalu dipaksakan. Karena gula darah bagi penderita diabetes akan naik lebih cepat dan bahkan cepat turun.
  2. Perbanyak minum air pada saat waktu berbuka puasa sampai datangnya waktu sahur. Air yang dikosumsi tidak saja harus air putih, namun yang penting didalam tubuh bisa terpenuhi 2 liter sehari. Selain itu, penderita diabetes sangat berbahaya apabila mengalami dehidrasi. Karena cairan dalam tubuh berfungsi untuk mengatur sistem transportasi zat darah dalam tubuh.
  3. Usahakan waktu berbuka puasa makanlah secara bertahap. Terkadang orang yang berpuasa seakan lupa di saat menyantap makanan di saat berbuka puasa selalu tampak rakus. Karena hal tersebut dapat meningkatkan gula darah dalam tubuh naik secara drastis, khusus bagi para penderita diabetes hal ini sangat tidak dibolehkan.  Alangkah baiknya dengan mengosumsi air serta makanlah kurma tiga biji dan setelah itu lakukanlah shalat maghrib. Kemudian baru makan, tapi langsung jangan terlalu banyak, sebaiknya 25 persen dari yang dibutuhkan kalori tubuh kita.
  4. Usahakan menambah jumlah makanan dengan mengonsumsi sayuran serta buah-buahan.
  5. Alangkah baiknya mengurangi minuman ataupun makanan yang menggunakan gula murni.
  6. Setelah sahur atau menjelang buka puasa, alangkah baiknya melakukan olahraga ringan, seperti jalan kaki dengan melakukan nya kurang lebih 20 sampai 30 menit. Karena dengan berolahraga dapat membantu melancarkan sistem metabolisme dalam tubuh. 

Demikianlah tips bagi penderita diabetes dalam menjalankan Ibadah Puasa, khususnya penderita diabetes di Indonesia. Semoga artikel ini dapat mengetahui makanan atau minuman apa yang dikonsumsi saat melakukan Ibadah Puasa khususnya bagi para penderita diabetes melitus. Dan selain itu, artikel tentang menu makanan diet yang tepat untuk penderita diabetes, silahkan baca di sini.
Kesehatan Tips