Notifikasi

Manfaat Buah Mengkudu dan Mangga untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Buah mengkudu kaya akan polisakarida, yang dimana dapat berfungsi sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, buah ini juga memiliki khasiat lainnya seperti antibakteri, antitumor, antivirus, anthelmentika, analgesik, serta antiinflamasi.
Mamfaat Buah - Buah mengkudu dan mangga termasuk buah yang mengandung bahan imunomodulator atau peningkat sistem kekebalan tubuh yang dimana bisa dimanfaatkan langsung oleh masyarakat.

Mengkudu kaya akan polisakarida, yang dimana dapat berfungsi sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, buah ini juga memiliki khasiat lainnya seperti antibakteri, antitumor, antivirus, anthelmentika, analgesik, serta antiinflamasi.
Buah Mengkudu dan Mangga
Berdasarkan sebuah penelitian, buah mangga memiliki kandungan mangiferin yang dimana dapat menghambat aktivasi nuclear factor kappa B serta dapat meningkatkan kadar enzim GSH di dalam sel dan meningkatkan potensi dari gen kemoterapeutik. Dengan adanya kandungan tersebut buah mangga bermamfaat untuk dijadikan sebagai terapi kombinasi penyakit kanker.

Indonesia memiliki potensi kekayaan alam dari tumbuhan obat yang sangat banyak. Dari total 40.000 jenis tumbuhan yang ada di dunia, sekitar 30.000 jenis tumbuhan ada di Indonesia, dan 940 jenis di antaranya adalah tumbuhan berkhasiat obat.

Dari hasil penelitian terhadap senyawa aktif yang terkandung dalam tumbuhan berkhasiat obat tersebut mengindikasikan adanya aktivitas imunomodulator. Sumber alam yang sudah diteliti dan mempunyai efek sebagai imunomodulator lainnya, di antaranya jamur ling zhi, jintan hitam, kedelai, keladi tikus, mangga, mengkudu, meniran, pegagan, rumput laut, sambiloto, sarang semut, sirih merah, songgolangit, serta susu kuda.

Pengembangan produk imunomodulator dari bahan alam, bisa dimanfaatkan untuk menekan tingkat kejadian penyakit infeksi. Bahan tersebut dapat memodulasi sistem imunitas dengan berperan menjaga kondisi homeostatis tubuh dan membantu tubuh memperbaiki ketidakseimbangan sistem imun.
Selain berperan memerangi penyakit infeksi, imunomodulator juga berkembnag menjadi pilihan pencegahan dan pengobatan kanker.

Demikianlah ulasan mengenai buah Mengkudu dan Mangga yang bermamfaat untuk sistem kekebalan tubuh. Semoga artikel ini dapat bermamfaat untuk Anda. Baca juga 9 khasiat Daun salam untuk Obat asam urat dan penyakit lainnya disini.
Kesehatan