Notifikasi

Manfaat Luar Biasa Pisang Bagi Kesehatan Dan Pengobatan Penyakit, Begini Olahannya

Buah pisang atau musa paradisiac mungkin mejadi buah paling populer di Indonesia karena dikonsumsi oleh semua orang. Adanya beragam jenis pisang memungkinkan orang-orang penyuka buah pisang tidak jemu jika harus mengkonsumsinya. Lagi pula pisang juga biolah menjadi beragam makanan. Secara umum pisang memang diyakini memiliki banyak manfaat. Pisang mengandung karbohidrat serta beberapa gula alami yakni fruktosa, glukosa, dan sukrosa. Kandungan ini dapat diubah menjadi energy dalam tubuh.

Manfaat 

Apabila dikonsumsi secara rutin buah pisang dapat mengatasi anemia. Hal tersebut dikarenakan pisang mengandung zat besi yang mampu merangsang produksi hemoglobin dalam tubuh kita.
Sementara kalium yang tinggi mampu menjaga tekanan darah sehingga dapat terhindar dari stroke. Kandungan kalium yang cukup tinggi ini juga bisa berfungsi sebagai antibakteri. Sehingga bagus untuk penderita diare.

Berbagai vitamin dalam buah pisang mampu untuk meningkatkan kekebalan sistem tubuh kita. Salah satu vitamin yang terdapat dalam buah ini diyakni vitamin C. selain itu vitamin B6 dalam pisang bermanfaat untuk produksi antibody. Pisang juga bisa dijadikan masker wajah alami untuk menghilangkan jerawat dengan cara mengoleskan pisang matang yang sudah haluskan pada wajah.

Sementara untuk ibu hamil, buah pisang ternyata cukup bagus untuk dikonsumsi setiap setiap hari karena mengandung asam folat yang penting bagi kesempurnaan janin, membantu pembentukan sel-sel baru serta mencegah terjadinya cacat bawaan. Ibu hamil juga dapat terhindar dari morning sick atau mual-mual saat pagi hari karena buah ini mampu menjaga kadar gula darah.

Olahan 

Banyak sekali jenis makanan atau minuman yang bisa dibuat dengan bahan dasar pisang. Berikut ini salah satunya, yaitu kue pisang lapis muka. Simak resepnya dibawah ini:

Kue Pisang Lapis Moka untuk 16 potong 
Bahan:
  • 2 buah pisang tanduk kukus, dipotong 2 memanjang
  • 225gram tepung beras 
  • 225 gram gula pasir 
  • 750ml santan dari 11/2 butir 
  • 112/ sdt garam
  • 4 lembar daun pandan, disimpulkan 
  • 75 gram tepung sagu dan 300ml santan dari ¼ kelapa, dilarutkan 
  • ½ sdt moka pasta 
Cara membuat:
  1. Larutkan tepung beras, gula pasir, santan, garam, dan daun pandan. Masak sambil diaduk. Angkat 
  2. Tambahkan larutan tepung sagu aduk kembali. 
  3. Bagi 2 bagian. Satu bagian tambahkan moka pasta. Aduk rata. Sisanya biarkan putih.
  4. Tuang adonan putih diloyang ukuran 20x20x4 cm yang diala plastic dan dioles minyak. Tata pisang. Tutup dengan adonan moka.
  5. Kukus 15 menit dengan api sedang
  6. Tunggu matang dan sajikan.
Kesehatan Tips