Notifikasi

Cara Mencegah Acne Scar yang Perlu di Ketahui

Mencegah Acne Scar - Acne scar merupakan hasil dari inflamasi pada lapisan dermis kulit yang diakibatkan oleh jerawat. Jaringan parut atau scar disebabkan oleh luka yang dalam tahap menyembuhkan dirinya, untuk menutupi kulit yang rusak.
Mencegah Acne Scar - Acne scar  merupakan hasil dari inflamasi pada lapisan dermis kulit yang diakibatkan oleh jerawat. Jaringan parut atau scar disebabkan oleh luka yang dalam tahap menyembuhkan dirinya, untuk menutupi kulit yang rusak.

Peradangan atau inflamasi yang terjadi pada pori-pori seringkali diakhiri dengan pecahnya dinding folikel yang akan menyebabkan materi atau zat-zat inflamasi di dalamnya bocor serta merembes ke lapisan dermis, sehingga akan menghancurkan jaringan kulit yang sehat. Sebelumnya pernah juga di bahas 5 pemikiran yang salah mengenai jerawat.
Cara Mencegah acne scar
Jadi cara yang paling baik untuk mencegah acne scar  ialah dengan mencegah munculnya jerawat dengan cara memahami faktor penyebab jerawat serta perlakuannya. Berikut caranya yang bisa Anda simak ulasannya di bawah ini :

  1. Pakai tabir ultra violet (UV) yang sesuai dengan kebutuhan serta tipe kulit wajah Anda. Karena paparan terhadap matahari, khususnya UV bisa membuat kerusakan pada kulit dan menghambat proses penyembuhan. Maka daripada itu perlu dipahami cara pemakaian yang tepat. Alangkah baiknya konsultasikan pada dokter aesthetik Anda.
  2. Pemakaian obat topikal yang mengandung turunan vitamin A seperti Tretinonin serta Cantela dalam dosis dan komposisi yang tepat akan membantu mempercepat penyembuhan inflamasi akibat jerawat. 
  3. Alpha Hidroksi Acid (AHA) serta Beta Hidroksi Acid (BHA) dalam konsentrasi dan Ph yang tepat, akan dapat membantu remodeling pada struktur kulit.
  4. Jika didapati keropeng pada jerawat, jangan sekali-kali digaruk atau dikelupas secara paksa. Karena keropeng itu adalah pelindung dari proses penyembuhan luka di bawahnya, sehingga jika dikelupas yang belum waktunya, malah akan memperlambat penyembuhan serta memperpanjang proses inflamasi. 
  5. Penggunaan antioksidan Proses inflamasi atau peradangan nantinya menghasilkan banyak radikal bebas seperti Reaktif Oksigen Spesies (ROS). Di dalam tubuh kita sebenarnya terdapat antioksidan yang akan menetralisir ROS tadi. Akan tetapi seiring dengan meningkatnya polusi mulai dari udara, makan dan minuman yang masuk kedalam tubuh kita maka antioksidan alami tersebut jadi berkurang jumlahnya. Selain itu, yang mengerikan efek dari ROS yang berlebihan ialah terjadinya reaksi domino, di mana sel yang rusak akibat ROS nantinya menghasilkan lebih banyak ROS lagi, yang nantinya membunuh sel yang sehat disekitarnya serta menjadikan mereka sebagai sumber ROS baru.
Itulah beberapa tips untuk mencegah acne scar dengan cara memahami faktor penyebab jerawat. Untuk ulasan tambahan bagi Anda, baca juga cara menghilangkan jerawat secara alami cepat dan tepat. Semoga apa yang di bahas ini bisa membantu permasalahan Anda.
Kesehatan Perawatan Kulit